Analisis SWOT biasanya digunakan sebagai alat untuk pengambilan
keputusan dalam bisnis. Ini adalah alat unik yang digunakan manajer penjualan
dan pemasaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang pasar yang ingin mereka
jangkau, agar dapat meluncurkan produk, layanan, atau bisnis mereka sendiri
dengan lebih baik. Untuk melakukannya, mereka akan melihat aspek internal
(Kekuatan dan Kelemahan) serta aspek eksternal (Peluang dan Ancaman).
Namun, proses yang sama dapat bekerja dengan baik untuk individu yang
menghadapi segala jenis tantangan hidup. Misalnya, Anda sedang memulai pekerjaan
baru, atau sedang merencanakan untuk menjalankan sebuah bisnis online, maka
alat ini dapat membantu Anda mengeksplorasi aspek-aspek yang mungkin belum
dipertimbangkan sebelumnya, bahkan blindspot Anda.
Alat Analisa dengan singkatan Strengths, Weaknesses, Opportunities and
Threats ini, adalah teknik yang dikembangkan pada 1960-an oleh Albert S
Humphrey. Sebuah alat yang sudah dikenal lama, tetapi masih efektif digunakan.
Setiap bisnis maupun individu memiliki kekuatan dan kelemahan tertentu.
Dan setiap bisnis dan individu, sama-sama menghadapi peluang dan ancaman.
Ketika Anda memahami kekuatan dan kelemahan Anda, dan mengidentifikasi peluang
dan ancaman Anda, maka Anda dapat membuat perencanaan atau mengambil keputusan
yang lebih strategis, mendapat gambaran mengenai ceruk pasar Anda, dan secara
terencana dapat mengembangkan bisnis maupun karier Anda.
Untuk menyelesaikan Analisis SWOT pada diri Anda, gunakan diagram di
bawah ini.
Pastikan untuk menggali lebih dalam,
dan jujur pada diri sendiri. Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah
mengidentifikasi aspek internal Anda dengan bantuan beberapa pertanyaan seperti:
Strengths (Faktor internal
yang secara positif dapat Anda gunakan dalam meningkatkan kapasitas Anda):
-
Apa yang dapat kamu lakukan dengan sangat baik?
-
Pengetahuan atau keterampilan apa yang Anda
miliki?
-
Apa yang orang katakan tentang apa yang mereka
sukai dari pekerjaanmu?
Weaknesses (Faktor internal
yang secara negatif membatasi Anda dalam meningkatkan kapasitas Anda):
-
Apa yang tidak atau belum kamu lakukan dengan
baik?
-
Apa yang tidak Anda sukai?
-
Pengetahuan atau keterampilan apa yang belum
Anda miliki?
Selanjutnya Anda perlu melihat hal-hal diluar kendali Anda dengan
menggunakan pertanyaan berikut:
Opportunities (Faktor
eksternal yang secara positif dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan
kapasitas Anda):
-
Apakah ada perubahan di pasar yang bisa Anda manfaatkan?
-
Apakah ada pelatihan yang akan memperluas pengetahuan
dan keterampilan Anda?
Threats (Faktor eksternal
yang secara negatif menghalangi Anda untuk meningkatkan kapasitas Anda yang
perlu Anda kurangi dampak negatifnya):
-
Apakah ada perubahan di pasar yang akan menghalangi
usaha Anda?
-
Apakah ada peraturan atau pesaing baru?
Selanjutnya, kembangkan strategi. Tentukan bagaimana memanfaatkan
peluang yang sesuai dengan kekuatan Anda. Ketika kelemahan Anda bisa
menghalangi peluang, putuskan bagaimana Anda akan mengatasi kelemahan itu. Cari
tahu bagaimana menggunakan kekuatan Anda untuk mengurangi dampak ancaman, dan
kembangkan rencana untuk meminimalkan kerentanan Anda terhadap ancaman yang
dihasilkan dari kelemahan Anda.
Analisis SWOT akan memberi Anda wawasan tentang cara menggunakan apa
yang Anda miliki untuk mengelola pengaruh eksternal pada diri atau bisnis Anda. Ini akan
memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang baik
tentang peluang dan ancaman.
Comments
Post a Comment