Analisis SWOT untuk self-coaching


Analisis SWOT biasanya digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan dalam bisnis. Ini adalah alat unik yang digunakan manajer penjualan dan pemasaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang pasar yang ingin mereka jangkau, agar dapat meluncurkan produk, layanan, atau bisnis mereka sendiri dengan lebih baik. Untuk melakukannya, mereka akan melihat aspek internal (Kekuatan dan Kelemahan) serta aspek eksternal (Peluang dan Ancaman).

Namun, proses yang sama dapat bekerja dengan baik untuk individu yang menghadapi segala jenis tantangan hidup. Misalnya, Anda sedang memulai pekerjaan baru, atau sedang merencanakan untuk menjalankan sebuah bisnis online, maka alat ini dapat membantu Anda mengeksplorasi aspek-aspek yang mungkin belum dipertimbangkan sebelumnya, bahkan blindspot Anda.

Alat Analisa dengan singkatan Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats ini, adalah teknik yang dikembangkan pada 1960-an oleh Albert S Humphrey. Sebuah alat yang sudah dikenal lama, tetapi masih efektif digunakan.

Setiap bisnis maupun individu memiliki kekuatan dan kelemahan tertentu. Dan setiap bisnis dan individu, sama-sama menghadapi peluang dan ancaman. Ketika Anda memahami kekuatan dan kelemahan Anda, dan mengidentifikasi peluang dan ancaman Anda, maka Anda dapat membuat perencanaan atau mengambil keputusan yang lebih strategis, mendapat gambaran mengenai ceruk pasar Anda, dan secara terencana dapat mengembangkan bisnis maupun karier Anda.

Untuk menyelesaikan Analisis SWOT pada diri Anda, gunakan diagram di bawah ini. 



Pastikan untuk menggali lebih dalam, dan jujur pada diri sendiri. Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi aspek internal Anda dengan bantuan beberapa pertanyaan seperti:

Strengths (Faktor internal yang secara positif dapat Anda gunakan dalam meningkatkan kapasitas Anda):
-         Apa yang dapat kamu lakukan dengan sangat baik?
-         Pengetahuan atau keterampilan apa yang Anda miliki?
-         Apa yang orang katakan tentang apa yang mereka sukai dari pekerjaanmu?

Weaknesses (Faktor internal yang secara negatif membatasi Anda dalam meningkatkan kapasitas Anda):
-         Apa yang tidak atau belum kamu lakukan dengan baik?
-         Apa yang tidak Anda sukai?
-         Pengetahuan atau keterampilan apa yang belum Anda miliki?

Selanjutnya Anda perlu melihat hal-hal diluar kendali Anda dengan menggunakan pertanyaan berikut:

Opportunities (Faktor eksternal yang secara positif dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kapasitas Anda):
-         Apakah ada perubahan di pasar yang bisa Anda manfaatkan?
-         Apakah ada pelatihan yang akan memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda?

Threats (Faktor eksternal yang secara negatif menghalangi Anda untuk meningkatkan kapasitas Anda yang perlu Anda kurangi dampak negatifnya):
-         Apakah ada perubahan di pasar yang akan menghalangi usaha Anda?
-         Apakah ada peraturan atau pesaing baru?

Selanjutnya, kembangkan strategi. Tentukan bagaimana memanfaatkan peluang yang sesuai dengan kekuatan Anda. Ketika kelemahan Anda bisa menghalangi peluang, putuskan bagaimana Anda akan mengatasi kelemahan itu. Cari tahu bagaimana menggunakan kekuatan Anda untuk mengurangi dampak ancaman, dan kembangkan rencana untuk meminimalkan kerentanan Anda terhadap ancaman yang dihasilkan dari kelemahan Anda.



Analisis SWOT akan memberi Anda wawasan tentang cara menggunakan apa yang Anda miliki untuk mengelola pengaruh eksternal pada diri atau bisnis Anda. Ini akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang baik tentang peluang dan ancaman.














Comments