Jadilah pembelajar seumur hidup

Banyak orang khawatir dengan adanya kemajuan robotika dan otomatisasi yang tampaknya akan menggantikan manusia dalam banyak bidang pekerjaan. Pekerjaan di masa depan akan banyak berubah, tapi sekaligus akan banyak peluang baru yang akan muncul. Yang pasti pekerjaan-pekerjaan itu akan berpusat pada inovasi teknologi, lebih kreatif, dan lebih menantang serta bermanfaat bagi banyak orang.

Jadi apa yang harus kita persiapkan dalam menghadapi gelombang perubahan ini? Jawabannya adalah pembelajaran seumur hidup, yang harus terus berlanjut sepanjang karier seseorang. Kita harus mengikuti tren profesional dan teknologi, yang akan membantu menerangi jalan menuju pembelajaran yang paling penting dalam ekonomi baru. Dapatkan semua keterampilan yang paling penting untuk berpartisipasi dalam ekonomi pengetahuan yang berkembang pesat.

Dengan pesatnya perubahan teknologi dan sosial, tidak lagi cukup hanya mengandalkan pendidikan formal dan gelar perguruan tinggi ketika mencari pekerjaan atau memulai bisnis. Kita semua harus belajar sepanjang waktu karena kita harus beradaptasi dengan kondisi dalam pekerjaan, karier, dan bisnis yang terus berubah.

Dalam bisnis, sebaiknya Anda memilih satu industry atau produk dan juga satu ceruk pasar. Kita tidak boleh buang banyak waktu dan energi untuk menguasai atau mengerjakan banyak hal yang berbeda-beda. Dengan focus pada satu hal itu akan membuat Anda jauh lebih baik dibandingkan orang lain dalam hal yang satu itu (terinspirasi dari buku The One Thing).



Comments